Dari SGP Indonesia

News Letter GEF SGP Indonesia Edisi Mei 2014

Mulai Bulan Mei 2014 ini, GEF SGP Indonesia akan mengeluarkan newsletter setiap bulannya. Newsletter ini akan berisi berita-berita dan update kegiatan terbaru dari mitra-mitra SGP Indonesia, dan mereka akan menuliskannya sendiri. Selain itu, ada pula update kegiatan terbaru dari Sekretariat GEF SGP Indonesia. Semoga berguna :) ). Selamat mendownload newsletter ini dengan menggunakan link dibawah ini.

Mei2014_Publication GEF SGP Indonesia Newsletter

Pengumuman Seleksi Proposal GEF SGP Indonesia Periode April 2014

Berdasarkan keputusan dari Hasil Rapat Seleksi Proposal Panitia Pengarah Nasional GEF SGP Indonesia tanggal 15 April 2014, Berikut Usulan Kegiatan/Proposal yang masuk untuk pada bulan Maret 2014 ini, Mereka adalah 5 Proposal, yaitu :

FULL Grant :

1. Depo Cemara : Pusat Edukasi Pengelolaan Sampah berbasis komunitas

2. Indonesia Untuk Kemanusian (IKA) : Menggali Potensi Lokal dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam yang Berkelanjutan

3. Sekolah Ekologi Kebon Sawah Pesantren Ath Thaariq Garut : Menguatkan, Memulihkan dan Memuliakan Keanekaragaman Hayati

Planning Grant

1. Sekolah Sawah Organik Kaliaget (KOFS/Kaliaget Organic Farm and School) : Merintis Kegiatan “Sekolah Sawah” Berbasis Ekologi dan Komunitas di Desa Pasirawi  Kecamatan Rawamerta, Karawang  sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah Menengah dan Atas di Kabupaten Karawang

2. Palguna : Menuju Lumbung Mandiri Melalui Peternakan berkelanjutan dan Pertanian Organik

Pengumuman Seleksi Proposal GEF SGP Indonesia Periode Februari 2014

Berdasarkan keputusan dari Hasil Rapat Seleksi Proposal Panitia Pengarah Nasional GEF SGP Indonesia tanggal 26 Maret 2014, Berikut Usulan Kegiatan/Proposal yang masuk untuk periode Februari 2014 ini, Mereka adalah 11 Proposal, yaitu :

1. CBO Manektob : Upaya Rehabilitasi dan Konservasi Lahan Untuk Mendukung Pemanfaatan Sumber Daya Air Bagi Masyarakat Desa Koa Melalui Penerapan Teknologi Hydraulic Ram Pump (Pompa Hydram) (USD9,000)

2. Kelompok Wana Tani : Mengurangi Degradasi Lahan dengan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Berbasis Konservasi (USD 10,000)

3. Aman Bengkulu : Pengurangan Dampak Perubahan Iklim melalui Pelestarian Hutan Pantai, Pengembangan Energi Terbarukan dan Peningkatan Ekonomi di Pulau Enggano (USD 9,000)

4. Yayasan Bahari (YARI) : Pelestarian dan Pengelolaan Daerah Perlindungan Laut (DPL) Situs Keramat “Iwoi Lulua” Berbasis Masyarakat (USD 15,000)

5. Dreamdelion Yogyakarta : Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Pewarnaan Alam: Rainbow Village (USD 15,000)

6. INSPIRASI : Pengembangan Etnobotani Tanaman Sempadan Sungai untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat dan Konservasi Keragaman Hayati Kali Surabaya di Kabupaten Gresik dan Sidoarjo (USD 15,000)

7. Walhi NTT : Membangun Kedaulatan Pangan Melalui Penyelamatan Hutan dan air Berbasis Kearifan Lokal (USD 20,000)

8. Walhi Maluku Utara: Konservasi Hutan Mangrove Berbasis Komunitas dan Kearigfan Lokal di Teluk Gane (USD 20,000)

9. Walhi Bali : Menekan Laju Alih Fungsi Lahan Pangan dan Perlindungan Sumber Air Melalui Pertanian Organik Komunitas, Kearifan Lokal dan Berkelanjutan di Desa Babahan, Bali. (USD 20,000)

10. Walhi NTB: Peningkatan Usaha Ekonomi Kreatif Perempuan Melalui Tanaman Lokal (USD 20,000)

11. Walhi Ekstekutif Nasional : Penyelamatan Lingkungan Hidup dan Kawasan Kelola Rakyat Melalui Pengembangan Model Kelola Berbasis Komunitas dan Kearifan Lokal di Banusrama (USD 30,000)

Template Proposal Comdeks-GEF SGP Indonesia

Template Proposal Comdeks-GEF SGP Indonesia 2014 Template Proposal Comdeks-GEF SGP Indonesia (377)

Photo Story GEF SGP Indonesia

Photo-story ini merupakan serpihan upaya GEF SGP Indonesia selama dua dekade terakhir untuk mendukung komunitas memperbaiki dan menjaga potensi sumber daya alam serta membangun ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Foto-foto yang beralur, bertutur kerja keseharian komunitas berinteraksi dengan alamnya. Potensi alam terjaga melalui kegiatan-kegiatan unik yang tercipta dari pemikiran sederhana komunitas.

Dukungan GEF SGP Indonesia sejak tahun 1992 pun sederhana, dana hibah kecil dengan waktu yang relatif singkat, hanya dua tahun dan dukungan pendanaan paling besar hanya mencapai USD 50,000. Tidak dapat kami katakan bahwa semua kesuksesan komunitas itu akibat dukungan kami, GEF SGP Indonesia. Kami hanya mencoba menambahkan ‘nilai’ kepada beberapa kegiatan yang sudah berjalan, agar kegiatan yang sudah baik menjadi jauh lebih baik lagi (good to great). Atau terkadang kami duduk bersama dengan komunitas menyusun dan mengembangkan mimpi bersama. Semua kesuksesan yang terjadi adalah usaha komunitas yang dapat dilihat dari tuturan foto-foto berikut ini.

Foto-foto dalam buku ini dikumpulkan dari komunitas, LSM pendamping, fotografer profesional, serta para jejaring pendukung kerja GEF SGP Indonesia. Semuanya disusun menjadi mosaik yang menggambarkan kontribusi individu dan komunitas bagi masa depan komunitas, masa depan bangsa. Upaya yang layak didukung dan diapresiasi.

Cerita yang disusun dalam bentuk foto ini terdiri dari lima bagian yaitu Alam, Manusia dan Peradaban; Merawat, Memulihkan dan Memanggil Ingatan Sosial ; Merawat Sumber- Sumber Pangan; Melanjutkan Praktek Terbaik; dan Belajar, Bekerja dan Merayakan Perjuangan.

Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang sudah mendukung lahirnya buku ini. Selamat menikmati dan mari kita belajar bersama dari kesederhanaan inisiatif lokal komunitas yang berdampak luar biasa bagi dunia.

Catharina Dwihastarini
Koordinator Nasional

Buku ini bisa diunduh pada Photostory GEF SGP Indonesia – Mewarnai Indonesia 2014

dan yang versi inggrisnya Painting Indonesia: Stories of People Loving Nature and Developing Welfare (141)

Pengumuman Seleksi Proposal GEF SGP Periode November 2012

Berdasarkan keputusan dari Hasil Rapat Seleksi Proposal Panitia Pengarah Nasional GEF SGP Indonesia tanggal 22 November lalu, Berikut Usulan Kegiatan/Proposal yang masuk untuk Agustus 2012, Mereka adalah 14 proposal (11 Full Grant dan 3 Planning Grant) yaitu :

A. FULL GRANT :

1. Kelompok Tunas Harapan : “Peningkatan Kapasitas Kelompok Perempuan Pengrajin Melalui Pengembangan Livelihood Berbasis Hasil Hutan Non Kayu untuk Mendorong Pemanfaatan Ekologi Sumberdaya Lahan Rawa Gambut” (USD 30,000)

2. YAPENSA : “Bankable Integrated Farming” (USD 15,000)

3. Perkumpulan Indonesia Berseru : “Mengembalikan kualitas lahan dan peningkatan sumber penghidupan dengan pemberdayakan Pemuda Tani” (USD 44,000)

4. Indonesia Untuk Kemanusiaan : “Mengintegrasikan Pendekatan Gender Dalam Program Pengeloaan Lingkungan Berbasis Masyarakat yang Berkelanjutan” (USD 27,000)

5. POKMASWAS LAPANG BATANG : “Pengembangan Wisata Laut untuk Konservasi Terumbu Karang di Pulau Batang dan Lapang Kabupaten Alor” (USD 15,000)

6. ONE MOOLU : “Pemanfaatan SDA di Wilayah Pesisir Secara Lestari dan Pengawasan Berbasis Masyarakat Kawasan Laut di TN.Wakatobi” (USD 20,000)

7. Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Kecamatan Biduk-Biduk : “Membangun Kawasan Konservasi Perairan Berbasis Masyarakat untuk Sumber Daya Laut yang Lestari” (USD 26,000)

8. BIOMA : “Pengembangan Unit Ekonomi Produktif dan Energi Alternatif dalam Kelembagaan Ekonomi Mikro Desa Berbasis Konservasi Kawasan di Pegunungan Potorono dan Gunung Sumbing (USD 27,000)

9. SPKP : “Rehabilitasi Ekosistem Mangrove sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Kelurahan Pulau Kelapa yang Sejahtera” (USD 18,000)

10. POKJA AKBJ : “Penyelamatan Kawasan TNUK dari Ancaman Penggembalaan Ternak (Kerbau) dan Perluasan Lahan Pertanian Malalui Program Intensifikasi Pertanian” (USD 20,000)

11. Kelompok Cundai Oh Cundai : “Tindak Lanjut Pengembangan Dusun Kebuai, Desa Sebadak Raya Kecamatan Nanga Tayab, Kabupaten Ketapang Prop Kalimantan Barat Sebagai Desa Mandiri Energi” (USD 15,000)

B. PLANNING GRANT

1. Yayasan Sorsilai : “Pengelolaan SDA Berkelanjutan untuk Peningkatan Ekonomi Desa di Tanimbar Selatan” (USD 3,500)

2. IPPM : “Kajian Kritis Perencanaan dan Pengelolaan Danau Tempe yang Berbasis Komunitas  (Pengolahan Enceng Gondok jadi Kompos, Pakan Ternak & Bio Gas bagi Remaja Putus Sekolah & Ibu-Ibu Rumah Tangga)” USD 3,000)

3. KBK Pulau Sarang : “Penyusunan Rencana Aksi Konservasi Secara Partisifatif” (USD 4,000)

Pengumuman Seleksi Proposal GEF SGP Periode Agustus 2012

Berdasarkan keputusan dari Hasil Rapat Seleksi Proposal Panitia Pengarah Nasional GEF SGP Indonesia tanggal 16 Oktober 2012 lalu, Berikut Usulan Kegiatan/Proposal yang masuk untuk Agustus 2012, Mereka adalah 19 proposal (12 Full Grant dan 7 Planning Grant) yang berhasil diterima dari 124 proposal :

A. FULL GRANT

1. Pusat Kebudayaan Petani (FCC) Gondosari : “Menata Pengelolaan Lahan Kritis Pegunungan Kapur Secara Terpadu Sebagai Media Pendidikan Ketrampilan Hidup  Petani Kecil dan Buruh Tani di kabupaten Pacitan” (USD 15,000)

2. InProSuLA – Institute for Promoting Sustainable Livelihood Approach : “Mendukung  Sistem Pangan Komunitas Melalui Konservasi Aneka Jenis Tanaman Pangan Lokal Pada Kawasan Hutan Kemasyarakatan” (USD 25,000)

3. Lembaga Pemberdayaan Swadaya Masyarakat YASINTA : “Pengembalian Populasi Ikan Alami Berbasis Masyarakat” (USD 15,000)

4. Padepokan Wonosalam Lestari  ( PWL ) : “Pengembangan Ekowisata Desa Adopsi Mata Air di Kecamatan Wonosalam Untuk Pelestarian Keanekaragaman Hayati Hulu DAS Brantas” (USD 25,000)

5. ERPeKa Nganjuk : “Program Konservasi Telaga Sumberkepuh di Desa Sumberkepuh  Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk” (USD 20,000)

6. DCG Berlian (Denpasar Clean and Green) : “Mitigasi Perubahan Iklim Dengan Membangun Desa Clean and Green” (USD 38,000)

7. Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (YPPM) Maluku : “Konservasi Partisipatif Ekosistem Pesisir Berbasis Peningkatan Kesejahteraan Lestari” (USD 20,000)

8. KSM Da’ kayu Akkal Maratua : “Pelestarian Sumber Daya Alam melalui  Ekowisata berbasis masyarakat di  Pulau Maratua, Kabupaten Berau – Kalimantan Timur” (USD 30,000)

9. OCEAN OF LIFE INDONESIA- Kelompok Pendidikan Lingkungan dan Konservasi Pantai : Konservasi Keanekaraman Hayati Ekosistem, Pantai Melalui Pengembangan Pusat Pendidikan Lingkungan dan Pengembangan Kawasan Permakultur untuk Kelompok Tani di Sekitar Pantai Siung dan Pantai Kapen, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi DIY (USD 25,000)

10.  Paguyuban Petani Merbabu (PPM) : Konservasi Lahan Gunung Merbabu (USD 15,000)

11. Yayasan Pikul : Pengembangan Model Perluasan dan Pembiayaan Penggunaan Energi Terbarukan di  Kota Kupang (USD 40,000)

12. Lembaga Olah Hidup (LOH) : Pengintegrasian Upaya penyelamatan keanekaragaman hayati dalam Pengelolaan Program Hutan Kemasyarakatan (Hkm) di Desa Sebedo kec. Utan Kabupaten Sumbawa NTB (USD 25,000)

B. PLANNING GRANT

1. JAPESDA GORONTALO : “Konservasi dan Pemberdayaan Masyarakat di Hulu Sungai Sekitar Danau Limboto, Kabupaten Gorontalo” (USD 3,000)

2. Yayasan LPSM Tri Prasetya : “Pengembangan Kawasan Perlindungan Penyu Berbasis Masyarakat Menjadi kawasan Wisata Pendidikan Ekologi dan Keanekaragaman hayati’ (USD 3,000)

3. Yayasan Titian Medan : “Pengembangan Keberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Konservasi Sub DAS WAMPU  di Kelurahan Bingai” (USD 2,500)

4. Lembaga Pengkajian Pedesaan, Pantai dan Masyarakat  (LP3M) Makassar : “Pengembangan Sistem Pertanian Berkelanjutan dan Konservasi Hutan Berbasis Masyarakat di Kawasan Hutan Lindung Lompobattang untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Reduksi Kemiskinan” (USD 2,500)

5. BALANG : “Konservasi Anoa pada Kawasan Hutan Desa berbasis Masyarakat (USD 3,000)

6. Perkumpulan Bina Lingkungan : “Program Pengembagan Kampung Wisata Pendidikan Lingkungan” (USD 2,500)

7. Lembaga Energi Hijau : “Pengembangan Model Energi Terbarukan terapan Untuk Mendukung Pengelolaan Hutan Secara Berkelanjutan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat” (USD 3,000)

Penerimaan Proposal GEF SGP Indonesia Periode April 2012

Prioritas Issue: Konservasi Keanekaragaman Hayati, Bahan Pencemar Organik yang Persisten, Perubahan Iklim, Degradasi Lahan dan Perairan Internasional

Waktu tenggat pengiriman proposal: 20 April 2012

Global Environment Facility Small Grants Programme (GEF SGP) Indonesia adalah program pendanaan lingkungan yang didukung oleh GEF dan dilaksanakan oleh UNDP mewakili lembaga-lembaga pelaksana GEF lainnya termasuk Bank Dunia dan UNEP.

Sekretariat Nasional GEF SGP Indonesia membuka undangan mengirimkan proposal dalam rangka pelaksanaan operasional GEF OP5 Y1. Untuk tahun ini, GEF SGP Indonesia menerima alokasi pendanaan dari System for Transparent Allocation of Resources (STAR) untuk mendukung inisiatif lembaga swadaya masyarakat, kelompok perempuan, lembaga masyarakat adat dan kelompok masyarakat lain untuk mengatasi tantangan lingkungan melalui upaya konservasi keragamaan hayati, perubahan iklim dan degradasi lahan.

Dana hibah yang diberikan berkisar USD 2,000 – 50,000 untuk masa pelaksanaan maksimal 24 bulan. Mohon diperhatikan untuk kontribusi masyarakat dalam perencanaan biaya, baik itu berupa jasa (natura) atau dana yang digerakkan oleh masyarakat agar memenuhi syarat dana dampingan GEF SGP dengan perbandingan 1:1. Dana dampingan atau kontribusi dari pengaju proposal ini dimaksudkan untuk menekankan kemandirian dan memberikan jaminan keberlanjutan program. Hanya lembaga yang memiliki kontribusi dan swadaya yang akan diberi nilai lebih dalam proses seleksi.

GEF SGP Indonesia mendorong kemitraan langsung dengan masyarakat adat, kelompok perempuan dan kelompok rentan lainnya dalam upaya menghadapi ancaman-ancaman ekologis sesuai dengan kriteria GEF. Program dana hibah kecil GEF SGP berusaha dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif untuk membuka akses kepada kelompok yang tidak fasih membaca dan menulis dengan pengajuan proposal video ataupun proposal tertulis dengan gambar (foto bersuara atau power point presentation) dalam bahasa daerah dengan rekomendasi penyusunan rencana program yang partisipatif dan menghormati kemampuan dan kearifan lokal. Program ini bertujuan untuk memberikan fasilitas pendanaan kepada kelompok masyarakat dan lembaga swadaya yang sedang menghadapi tantangan ekologis dengan cara-cara dan teknologi yang inovatif, mandiri dan terjangkau melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan. GEF SGP Indonesia mendorong para pengaju proposal untuk mengajukan kegiatan yang mencakup issue perubahan iklim dalam analisa ancaman ekologis dan cara penanggulangan ancaman secara kolektif.

Sekretariat Nasional GEF SGP Indonesia mengundang organisasi kampung, kelompok masyarakat adat, kelompok perempuan dan LSM untuk mengirimkan konsep kegiatan dan proposal untuk alokasi dana hibah kecil tahun 2012.

Tanggal terakhir penerimaan proposal adalah 20 April 2012. Mohon melihat format atau ketentuan proposal dengan baik, untuk melihat fokus area, kriteria, budget dan detail lainnya. Mohon merujuk ke www.sgp-indonesia.org atau dan menyimak halaman Panduan untuk lebih lengkapnya. Hanya lembaga yang terpilih dalam seleksi yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Mohon mengirimkan proposal dan/atau berkomunikasi ke email ke : info@sgp-indonesia.org, atau melalui pos:

Koordinator Nasional GEF SGP Indonesia

d/a Yayasan Bina Usaha Lingkungan

Jl. Bacang II no 8, Kramat Pela

Jakarta Selatan 12130

Telepon 021 720 6125/727 90520/726 6341

Fax 021 726 6341

NB: Kami tidak menerima telepon atau komunikasi langsung, mohon mengirimkan proposal via email atau pos. Terimakasih.

Selamat Hari Natal 2011 dan Tahun Baru 2012

Kami atas nama GEF SGP Indonesia mengucapkan:

Selamat Hari Natal 2011 dan Tahun Baru 2012

kepada semua rekan, mitra, Panitia Pengarah Nasional, yang selalu mendukung GEF SGP Indonesia dari tahun ke tahun. Semoga kehangatan Natal tahun ini membawa berkah bagi kita semua agar dapat melangkah semakin pasti menuju pembaharuan yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang.

Pengumuman Seleksi Proposal GEF SGP Indonesia Periode 2011

Berdasarkan keputusan dari Hasil Rapat Seleksi Proposal Panitia Pengarah Nasional GEF SGP Indonesia untuk periode 2011, maka berikut adalah daftar 10 proposal ( 8 Full Grant dan 2 Planning Grant) yang berhasil diterima dari 139 proposal :

A. Full Grant

  1. KSM Tulungagung Hijau : Konservasi Kawasan Gunung Cemenung Pasca Pertambangan Di Desa Tenggong Kec Rejotangan Kab. Tulungagung” (USD 15,000)
  2. Yayasan Gita Pertiwi : “Meningkatkan Keanekaragaman Sumber Protein Nabati Masyarakat dengan Konservasi Tanaman Koro-koroan (kacang-kacangan lokal) di Lahan Kering” (USD 35,000)
  3. Komunitas Tanaman Untuk Kehidupan (TUK) : “Pengelolaan Kelestarian Mata Air Senjoyo dengan Melibatkan Generasi Muda Warga Sekitar Mata Air, Warga Sekitar Area Penangkap Air  dan Warga Pengguna Mata Air” (USD 30,000)
  4. Yayasan Riak Bumi (Jaringan Madu Hutan Indonesia) : “Upscaling Community-Based Forest Honey Initiatives In Indonesia” (USD 20,000)
  5. LSM KAIL (Konservasi Alam Indonesia Lestari) : “Mengembangkan Bisnis Konservasi Berbasis Masyarakat guna mendukung pelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan obat di TN Meru Betiri, Jember, Jawa Timur” (USD 20,000)
  6. Komunitas Peduli Menoreh : “Konservasi Kawasan Karst Menoreh Berbasis Desa Ekowisata Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulonprogo, Prov. D.I. Yogyakarta” (USD 15,000)
  7. Kospin Permata : “Penganekaragaman Tanaman Obat di Bawah Tegakan Tanaman Cendana pada Hutan Rakyat di Wonogiri” (USD 25,000)
  8. OAT : “Menjaga dan melindungi Pangan dan tenun (Usulan Dua tahun Program Menguatkan Adat Tiga Batu Tungku Ningkam Haumeni,Menyelamatkan Kawasan Gunung Mutis)” (USD 36,000)

B. Planning Grant

  1. Institute for Promoting Sustainable Livelihood Approach (InProSuLA) : “Mendukung Perbaikan  Sistem Pangan Komunitas melalui Pengambangan Produktivitas Aneka jenis Tanaman Pangan Lokal Pada Kawasan Hutan Secara berkelanjutan di Kabupaten Kulon Progo” (USD 2,000)
  2. Kelompok Kerja Lingkar Hutan (pokja-LH) : “Melestarikan Kawasan Kelola Komunitas untuk Konservasi Keanekaragaman Hayati dan daerah tangkapan air, masyarakat adat Sajau Pura – kabupaten Bulungan – Kalimantan Timur” (USD 2,000)